Headline News

header-int

SINKRONISASI USULAN DAK BIDANG PENDIDIKAN SUB BIDANG PERPUSTAKAAN TA 2020

Senin, 12 Agu 2019, 15:19:08 WIB - 42 | Eko Prima Okriansi, SE
SINKRONISASI USULAN DAK BIDANG PENDIDIKAN SUB BIDANG PERPUSTAKAAN  TA 2020

Painan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PERPUSNAS RI) menyelenggarakan kegiatan Sinkronisasi Usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan tahun anggaran 2020, Rabu 7 Agustus. DAK Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan diarahkan untuk mendanai kebutuhan prasarana dan sarana fisik Program Perpustakaan dengan prioritas pada Propinsi, Kabupaten dan Kota.

“Kegiatan sinkronisasi ini merupakan langkah yang wajib diselesaikan antara Perpusnas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD-Perpustakaan) Propinsi, Kabupaten dan Kota dengan acuan hasil penilaian usulan DAK Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan yang telah dilakukan oleh Bappenas dan Perpusnas,” ungkap Kepala Perpusnas RI Drs. Muh Syarif Bando, MM pada pembukaan kegiatan Sinkronisasi Usulan DAK Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan TA 2020 di Auditorium Pullman Hotel Jakarta Central Park, Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin usulan yang sesuai dengan prioritas usulan DAK Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan bagi Propinsi, Kabupaten dan Kota.

“Langkah sinkronisasi ini harus dapat secara tuntas diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan dalam berita acara pertemuan antara Kementerian Keuangan, Bappenas dan Perpusnas (trilateral meeting) yaitu dalam kurun waktu tanggal 1-16 Agustus 2019”, tambah Syarif.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari 6-8 Agustus 2019. Hadir pada kegiatan tersebut, dari komponen penanggung jawab menu DAK Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan yang bertanggung jawab terhadap penilaian usulan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI, Sekretaris Utama Perpusnas RI, Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek dan Kebudayaan Bappenas, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan RI, Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas RI, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas RI, Tim DAK Perpusnas RI dan peserta dari seluruh Propinsi, Kabupaten/Kota penerima DAK Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan TA. 2020

“DAK sifatnya untuk membantu, bukan menggantikan dana APBD, untuk itu dibutuhkan komitmen Pemerintah Daerah Propinsi, Kabupaten dan Kota yang kuat karena pemerintah pusat telah memberikan dukungan DAK Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sarana dan prasarana Perpustakaan di Propinsi, Kabupaten dan Kota,” tegas Syarif.

Hakikat DAK adalah agar visi dan misi nasional dapat diwujudkan bersama sama denan Daerah dan terutama bagi Daerah yang kemampuan fiskalnya rendah diberikan stimulan DAK dengan syarat Daerah punya kemauan dan komitmen yang tinggi untuk mewujudkan visi dan misi nasional tersebut yang ditandai dengan adanya regulasi daerah dan data dukung yang berkaitan degan bidang DAK Subbibdang Perpustakaan.

Fokus prioritas penilaian DAK fisik Bidang Pendidikan Subidang Perpustakaan TA 2020 adalah pada Pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota, Perluasan Gedung, Renovasi Gedung, Perabot, TIK, dan Pengembangan Bahan Perpustakaan.

“Saya berharap dengan proses sinkronisasi usulan DAK Fisik oleh Perpusnas dan OPD-Perpustakaan penerima DAK yang dilaksanakan ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan prioritas yang sudah ditetapkan antara Perpusnas, Bappenas dan Kementerian Keuangan, sehingga pelaksanaan DAK Fisik Subbidang Perpustakaan dapat mendukung tujuan dan sasaran srategis Perpusnas RI,” pungkas Syarif.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube