Headline News

header-int

PERPUSTAKAAN KELILING DISTRIBUSIKAN BUKU-BUKU KE SEKOLAH

Kamis, 18 Jul 2019, 11:40:44 WIB - 37 | Eko Prima Okriansi, SE
PERPUSTAKAAN KELILING DISTRIBUSIKAN BUKU-BUKU KE SEKOLAH

Painan, memasuki tahun ajaran baru Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan melaksanalan kegiatan Pustaka Keliling (Puskel) ke beberapa sekolah di Kecamatan Lengayang.

Jumlah titik layanan di Kecamatan Lengayang sebanyak 15 titik layanan yang terdiri dari 7 SD, 5 SMP dan 3 SMA. Tim Puskel dibagi menjadi 3 kelompok. Tim Puskel mendistribusikan buku-buku baru ke sekolah-sekolah.

Kasi Layanan dan Pelestarian Pustaka Firdaus, S.Pd, M.Si menjelaskan perpustakaan keliling merupakan perpanjangan atau perluasan jangkauan layanan perpustakaan umum yang berfungsi untuk mempertemukan bahan bacaan dengan pembacanya di daerah yang relatif jauh dari perpustakaan umum atau karena situasi dan kondisi tertentu, tidak sempat datang ke perpustakaan umum.

“perpustakaan keliling bertujuan untuk meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat dan sekolah sampai ke daerah terpencil yang belum/tidak memungkinkan adanya perpustakaan permanen, membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada publik luas, memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada publik, memperkenalkan jasa perpustakaan kepada publik, meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku pada masyarakat dan mengadakan kerja sama dengan lembaga masyarakat sosial, pendidikan, dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultural masyarakat” jelas Firdaus

Lebih lanjut Kepala Diskerpus Mawardi Roska, S.IP mengatakan untuk mengatasi kesenjangan informasi, Diskerpus berusaha memberikan layanan informasi tertulis kepada masyarakat di nagari-nagari antara lain dengan menyediakan layanan perpustakaan keliling (mobile library).

“Perpustakaan keliling merupakan salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan nonformal yang berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945”

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulannya bertujuan membantu melengkapi kekurangan buku di perpustakaan sekolah nagari dan taman bacaan masyarakat.  Dengan mendistribusikan buku sebanyak 25 buah buku per titik layanan dan diganti 25 buah buku dibulan berikutnya guna melihat perkembangan minat baca dan jumlah kunjungan perpustakaan pada titik layanan tersebut” tutup Mawardi

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube