Headline News

header-int

PEMBINAAN PERPUSTAKAAN NAGARI

Selasa, 24 Sep 2019, 11:32:25 WIB - 58 | Eko Prima Okriansi, SE
PEMBINAAN PERPUSTAKAAN NAGARI

Painan, Kasi SDM dan Pembinaan Perpustakaan  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Pesisir Selatan Ahmad Yani, SH lakukan pembinaan di Nagari  Lunang Tiga Kecamatan Lunang, Senin (23/9).

Nagari Lunang Tiga sudah ada ruang perpustakaan sekaligus berfungsi sebagai ruang tunggu pelayanan nagari. Namun koleksi buku belum terkelola dengan baik khususnya dalam hal penyajian, jelas Yani

Penataan koleksi di perpustakaan harus mengikuti standar tertentu agar memberikan kemudahan dalam pengelolaan dan penyajian. Sistem pengelolaan koleksi perpustakaan dengan Dewey Decimal Cassification (DDC) merupakan salah satu pilihan standar dalam mengelompokkan dan mengatur koleksi yang ada di perpustakaan, jelas Yani kepada Wali Nagari dan petugas perpustakaan, tambahnya

Wali Nagari Lunang Tiga M. Sobirin mengucapkan terima kasih atas kedatangan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan dan mengapresiasi pembinaan yang dilakukan.

Pemerintah Nagari Lunang Tiga pada tahun 2018 telah menganggarkan untuk kegiatan Pustaka Nagari. Koleksi buku beragam mulai dari buku pelajaran, buku agama, pengetahuan umum dan buku referensi lainnya, jelasnya.

Untuk kelengkapan administrasi perpustakaan seperti struktur organisai, kode klasifikasi buku sesuai sisten DDC, SK Petugas Perpustakaan, Buku kunjungan, Buku Peminjaman dan lainnya akan kami lengkapi sesuai dengan arahan Diskerpus dan acuan dari Perda Kabupaten Pesisir Selatan No. 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, imbuh Sobirin.

Disela kegiatan pembinaan Yani juga menyempatkan diri membimbing dan mengajarkan anak-anak yang berkunjung ke Perputakaan dalam mengisi buku kunjungan perpustakaan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube