Headline News

header-int

GIAT PUSKEL DI KECAMATAN LINANG

Selasa, 24 Sep 2019, 09:24:17 WIB - 52 | Eko Prima Okriansi, SE
GIAT PUSKEL DI KECAMATAN LINANG

Painan, Giat Pelayanan Perpustakaan Keliling (Puskel) Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Senin (23/9) di Kecamatan Lunang.

Kasi SDM dan Pembinaan Ahmad Yani, SH memberikan pelayanan dan pembinaan di perpustakaan nagari dan sekolah di Kecamatan Lunang. Yani menegaskan bahwa disetiap nagari dan sekolah harus ada perpustakaan dan struktur organisasi perpustakaan harus di SK kan oleh Wali Nagari dan Kepala Sekolah sesuai dengan Perda Kabupaten Pesisir Selatan No. 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, jelasnya

Sesuai dengan arahan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin. Literasi Pustaka masuk dalam salah satu indikator penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Tujuannya untuk mengembangkan perpustakaan dan literasi di berbagai daerah. Sebab kegiatan literasi menggambarkan perjalanan peradaban manusia, tambah Yani

Semua Koleksi di perpustakaan harus ditata menurut panduan khusus, salah satu panduan atau standar dalam mengelompokkan koleksi terutama buku di perpustakaan adalah Sistem Dewey Decimal Classification (DDC). Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan serta juga memberikan kenyamanan juga kemudahan bagi pengguna perpustakaan agar dapat mencari atau menemukan apa yang dicari. Serta memajang semua hasil karya siswa baik itu karya ilmiah maupun hasil kerajinan tangan, kata yani saat memberikan arahan kepada petugas perpustakaan.

Pelayanan Puskel sekaligus pembinaan dilaksanakan di 9 titik layanan diantaranya Nagari Lunang Utara, Nagari Lunang Tengah, Nagari Lunang Satu, Nagari Lunang Dua, Nagari Lunang Tiga, SMPN 1 Lunang, MTs Talang Sari, Puskesmas Tj. Beringin dan Taman Bacaan Roma Vian.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube