Headline News

header-int

DISKERPUS IKUTI SEMINAR PROMOSI PENGEMBANGAN BUDAYA BACA

Rabu, 20 Nov 2019, 08:36:09 WIB - 110 | Eko Prima Okriansi, SE
DISKERPUS IKUTI SEMINAR PROMOSI PENGEMBANGAN BUDAYA BACA

Painan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Pesisir Selatan ikuti seminar promosi pengembangan budaya baca di Hotel Axana Padang (15/11). Seminar ini bertemakan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Budaya Baca di Sumatera Barat, di ikuti oleh berbagai kalangan.

Seminar ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat Drs. Alwis. 

Alwis berharap hasil dari seminar ini dapat menambah wawasan bagi para peserta serta dapat melakukan inovasi literasi dan dapat meningkatkan minat baca masyarakat di Provinsi Sumatra Barat. 

Perpustakaan berbasis inklusisosial, maksudnya yaitu perpustakaan proaktif yang dapat membantu individu dan masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri, dan membantu meningkatkan jejaring sosial, jelas Alwis.

Kadiskerpus Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska, S.IP menjelaskan bawha transformasi  perpustakaan berbasis inklusisosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan, jelasnya.

Adapun strategi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yaitu meningkatkan kualitas layanan informasi, baik buku, komputer dan layanan internet di perpustakaan. Menfasilitasi kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Melakukan advokasi kepada pimpinan daerah, stakeholder terkait dan juga sektor swasta untuk mendapatkan dukungan kebijakan dan anggaran untuk keberlanjutan transformasi perpustakaan, tutup Mawardi.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube