Headline News

header-int

DISKERPUS GELAR RAPAT PERISAPAN LOMBA BERCERITA BAGI SISWA-SISWI SD/MI TK PROV. SUMBAR TAHUN 2019

Kamis, 27 Jun 2019, 15:17:30 WIB - 62 | Eko Prima Okriansi, SE
DISKERPUS GELAR RAPAT PERISAPAN LOMBA BERCERITA BAGI SISWA-SISWI SD/MI TK PROV. SUMBAR TAHUN 2019

Painan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia akan menyelenggarakan Lomba Bercerita bagi siswa-siswi SD/MI Tingkat Nasional pada tanggal 2 s.d 6 September 2019 di Jakarta, maka dengan ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat akan melaksanakan Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Tahun 2019  pada tanggal 10 Juli 2019 di Hotel Axana Padang.

Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Pesisir Selatan mengadakan rapat pada Senin (24/6) persiapan lomba bercerita bagi siswa-siswi Tingkat Provinsi di Kantin Literasi. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mawardi Roska, S.IP, Kabid Perpustakaan Oktavian Ramli, S.Sos, M.Pd, Kasi Pengembangan SDM dan Pembinaan Lembaga Perpustakaan Ahmad Yani, SH juga turut hadir dengan pemerhati dan penggiat literasi kabupaten pessel Olive Novedi Santi dari Komunitas Pena Pesisir Selatan, Drs. Raflis Chaniago Penggiat Literasi dan Fitmareni dari Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam hasil rapat Diskerpus akan mengirim 3 orang peserta lomba dan yaitu M. Bayu Dinata dari SDN 08 Painan Selatan, Adelia Putri dari SDN 10 Painan Timur dan 2 orang pendamping yaitu Devika Englania, S.Pdi dan Balpasmirza, M.Pd.

Materi lomba adalah cerita rakyat (bermuatan lokal) yang mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan atau legenda yang membangun pendidikan karakter bangsa. Dalam hal ini Olive Novedi Santi sebagai pembimbing membantu menyiapkan materi sekaligus melatih peserta lomba.

Kabid Perpustakaan Oktavian Ramli, S.Sos, M.Pd menuturkan latihan dilakukan untuk melatih ingatan dan mental untuk persiapan lomba. Oktavian juga mengharapkan peserta lomba bisa membawa hasil yang terbaik untuk Kabupaten Pesisir Selatan. Dan bisa membawa nama Kabupaten Pesisir Selatan ke tingkat Nasional.

Kepala Diskerpus Mawardi Roska, S.IP mengatakan mengembangkan kebiasaan gemar membaca adalah bagian dari upaya kita untuk menanamkan dan melestarikan kecintaan pada budaya lokal juga merupakan unsur penting dalam pendidikan. Menanamkan kebiasaan membaca haruslah ditanamkan sejak dini dengan melibatkan semua unsur masyarakat. Salah satu cara untuk membangkitkan kegemaran membaca adalah dengan melaksanakan kegiatan Lomba Bercerita bagi anak-anak.

“Melalui Lomba Bercerita Bahasa Daerah diharapkan Agar kita mengenal kembali budaya berupa cerita yang didengar nenek moyang kita dahulu, menambah kumpulan cerita rakyat daerah yang belum didengar dan, dapat menjadi tempat untuk memberikan motivasi agar tertanam kebiasaan bercerita dari sejak dini dan dapat mengambil makna suatu cerita.” Ungkap Mawardi

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube