Headline News

header-int

Diskerpus gelar kegiatan peningkatan kompetensi untuk guru TK dan Paud

Rabu, 09 Okt 2019, 16:04:20 WIB - 10 | Eko Prima Okriansi, SE
Diskerpus gelar kegiatan peningkatan kompetensi untuk guru TK dan Paud

Painan, Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  (Diskerpus) Kabupaten Pesisir Selatan gelar acara peningkatan kompetensi untuk guru TK dan Paud, Rabu (9/10). Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang Guru TK dan Paud se Kecamatan IV Jurai di Kantin Literasi.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Diskerpus Mawardi Roska, S. IP. Ia mengatakan bahwa “Anak usia dini merupakan anak yang sedang memasuki golden age atau masa keemasan, sehingga tumbuh kembang anak perlu didukung dengan adanya pengembangan potensinya dengan tepat. Untuk itu perlu adanya upaya meningkatkan kompetensi tenaga pendidik anak usia dini, khususnya agar dapat mendeteksi secara dini tumbuh kembang anak”, kata Mawardi.

Perpustakaan sebagai suatu lembaga penyedia informasi yang memiliki peranan penting untuk menyediakan dan melayani pemustaka dalam memperoleh informasi secara tepat, mudah, efektif dan efisien. Pelayanan yang ramah dan hangat tentu akan disukai para pemustaka. Oleh karena itu kami menyediakan sarana wifi gratis bagi para pemustaka dan diharapkan untuk yang berkunjung untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan. Jadikanlah perpustakaan sebagai tempat berekreasi bagi keluarga, kata Mawardi disela menjelaskan video Animasi Gedung Perpustakaan.

Dalam kegiatan ini Diskerpus mengadirkan narasumber dari Praktisi dan Konsultan Pendidikan Ratih Muharani, S.Psi, yang memberikan materi tentang mendeteksi dini anak didik yang memiliki kebutuhan khusus dengan melihat tingkah laku sehari-hari yang mungkin berbeda dengan anak didik lainnya. Ratih juga berpesan kepada pendidik untuk peka terhadap kondisi masing-masing anak, sehingga anak berkebutuhan khusus mendapat pendidikan untuk mengembangkan potensinya dengan tepat.

Proses belajar bagi anak TK dan Paud masih sangat baru, sehingga tidak boleh terlalu serius. Ilmu yang diajari pun masih bersifat dasar dan harus diberikan dengan cara yang seru agar si anak tertarik. Untuk anak di usia ini, hal-hal yang dipelajari antara lain mengenal nama, menggambar, menulis, mewarnai, melipat kertas, dan sejenisnya.

Ajarkankanlah dengan perlahan, sabar, dan berikan contoh terlebih dulu untuk menarik perhatiannya. Jika ia sudah tertarik, maka ia pasti ingin melakukannya juga. Selain itu, gunakan aneka warna dan bentuk sebagai media belajar anak, karena anak menyukainya, tutup Ratih.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube