Headline News

header-int

Bidang Perpustakaan distribusikan Buku untuk pojok Baca Kelas

Jumat, 16 Agu 2019, 10:42:09 WIB - 28 | Eko Prima Okriansi, SE
Bidang Perpustakaan distribusikan Buku untuk pojok Baca Kelas

Painan, Kebiasaan membaca tidak bisa dipaksakan, melainkan diawali dengan kebiasaan, diciptakan suasana yang nyaman, serta disediakan sarana dan prasarana yang mendukung anak untuk membaca. Salah satunya dengan membuat Pojok Baca Kelas pada masing-masing sekolah. Agar Pojok Baca kelas tersebut menarik dan akhirnya diminati oleh murid, diperlukan penataan dengan desain yang menarik walaupun dengan bahan yang mudah didapat dan murah.

Melalui surat SD Negeri 22 Muaro Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti tentang permohonan menjadi titik layanan Pustaka Keliling dan permohanan untuk pendistribusin buku untuk pojok baca kelas. Dalam hal ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melalui Bidang Perpustakaan mendistribusikan buku untuk pojok baca kelas di SD Negeri 22 Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti pada hari kamis (15/8). Buku yang di distribusikan sebanyak 30 buah buku bacaan yang terdiri buku dongeng anak-anak.

Kasi Layana Perpustakaan Firdaus, S.Pd, M.Si melalui sambungan telpon mengatakan, Pojok baca adalah upaya mengembangkan minat baca anak didik melalui pemanfaatan pojok kelas sebagai perpustakaan kecil. Pojok baca merupakan wujud komitmen SD Negeri 22 Muaro Kandis melalui perpustakaan dalam mendukung Gerakan Wajib Membaca 15 menit yang dicanangkan oleh Pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Melalui pojok baca diharapkan dapat menanamkan kepada anak didik untuk menciptakan budaya membaca dan kebiasaan segala hal yang berhubungan dengan gemar membaca.

“Dengan kata lain, manfaat membaca dapat meningkatkan pengembangan diri, memenuhi tuntutan intelektual, memenuhi kepentingan hidup, meningkatkan minatnya terhadap suatu bidang, mengetahui hal-hal yang aktual, membuka cakrawala kehidupan bagi anak, menyaksikan dunia lain, dunia pikiran dan renungan, dan merubah anak menjadi mempesona dan terasa nikmat tutur katanya” ujar Firdaus

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube