Headline News

header-int

BALAI BAHASA SUMATRA BARAT SELENGGARAKAN DISEMINASI GERAKAN LITERASI NASIONAL

Selasa, 16 Jul 2019, 08:37:59 WIB - 64 | Eko Prima Okriansi, SE
BALAI BAHASA SUMATRA BARAT SELENGGARAKAN DISEMINASI GERAKAN LITERASI NASIONAL

Painan, Balai Bahasa Sumatra Barat bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan menyelenggarakan Kegiatan Diseminasi Literasi Nasional pada hari senin s.d rabu (15-17/7) di Aula Kantor Bupati Pesisir Selatan. Peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 76 orang terdiri Guru, Mahasiswa dan Penggiat Literasi yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada Sambutannya Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat Drs. Dwi Sutana, M.Hum mengatakan, Kegiatan diseminasi gerakan literasi merupakan program nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ditekankan pada pengenalan dan pemahaman serta kemampuan generasi muda tentang literasi membaca dan menulis. Terutama Bahasa Indonesia dalam mengahadapi perkembangan zaman dan teknologi digital.

"Selain untuk pemahaman dan memperkaya kosa kata Bahasa Indonesia di kalangan guru, mahasiswa dan penggiat literasi kegiatan diseminasi literasi juga untuk mensosialisasikan gerakan literasi nasional. Menciptakan ekosistem yang berbudaya baca tulis, serta kecintaan Sastra Indonesia pada generasi muda di Sumatra Barat"tutur Dwi

Kegiatan Ini dibuka secara resmi Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan  bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini yang merupakan pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan. Dan mengucapkan terimakasih kepada Balai Bahasa Sumatra Barat yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Literasi Nasional di Kabupaten Pesisir Selatan.

Hendrajoni berpesan kepada peserta untuk dapat serius dalam mendengarkan setiap materi yang diberikan oleh para narasumber dari Balai Bahasa Sumatra Barat.

"Gerakan literasi menjadi menjadi suatu program yang harus diterapkan disetiap jenjang pendidikkan. Tujuan dari gerakan literasi ini meningkatkan budaya membaca dan menulis bagi seluruh masyarakat hal ini dapat menumbuhkembangkan budi pekerti, menumbuhkan akhlak mulia" jelas Hendrajoni

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mawardi Roska, S.IP mengatakan pada sela kegiatan, dalam menjawab tantangan zaman dan penuh dengan kemajuan teknologi dewasa ini, dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kecapakan dan kemampuan untuk dapat bersaing dengan bangsa lain. Termasuk kemampuan berliterasi yang memadai, yang mana bukan hanya sekedar bebas dari buta aksara, melainkan juga bagaimana warga suatu bangsa untuk mampu bersaing dan berdampingan dengan bangsa lain melalui kemampuan berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif dan komunikatif sehingga dapat menang dalam persaingan global. tutup Mawardi.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube