Headline News

header-int

INLISLITE

Senin, 08 Okt 2018, 11:24:32 WIB - 37 | Administrator
INLISLITE

Untuk membantu pengembangan otomasi perpustakaan di seluruh Indonesia, sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full teks dan multimedia, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan akan menerapkan aplikasi automasi baru yang disebut dengan Inlislite. INLIS Lite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011. dalam mempersiapkan aplikasi Inlislite tersebut akan menjalin kerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bukittinggi. Untuk mempersiapkan sarana dan prasarana maka diundang salah seorang pengurus forum Inlislite Sumbar yaitu Bapak Syah Rahmad.

Manfaat inlislite

Membantu pengembangan otomasi perpustakaan di seluruh Indonesia.

Sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full teks dan multimedia

Membantu dalam pembentukan katalog elektronis berbasis MARC untuk Indonesia (INDOMARC).

Melaksanakan program nasional yang diamanatkan kepada Perpusnas untuk menghimpun data koleksi nasional dalam sebuah Katalog Induk Nasional (KIN) dan Bibliografi Nasional Indonesia (BNI) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Membantu pembentukan Katalog Induk Daerah (KID) dan Bibliografi Daerah (BiD) yang diselenggarakan oleh perpustakaan umum provinsi bersama mitra kerjanya di tingkat kabupaten dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2018 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube