Headline News

header-int

ANRI Gelar Magang SIKN dan JIKN

Kamis, 27 Jun 2019, 08:52:56 WIB - 50 | Eko Prima Okriansi, SE
ANRI Gelar Magang SIKN dan JIKN

Painan, dalam upaya untuk menambah pengetahuan dan memantapkan keterampilan para pelaksana implementasi Sistem Informasi Kearsipan nasioanal (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) di simpul jaringan. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) membuka kesempatan Magang SIKN dan JIKN.

Agar Implementasi SIKN dan JIKN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel) dapat berjalan baik. Pemkab Pessel melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Pesisir Selatan mengirim 2 orang Staf Bidang Kearsipan yaitu Asnil, S.Sos (Paranata Kearsipan) dan Ulmuliani, A.Md (Pranata Reproduksi Arsip) untuk Magang di ANRI. Kegiatan Magang secara efektif dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 26 juni s.d 27 juni 2019.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mawardi Roska, S.IP menjelaskan SIKN merupakan aplikasi yang digunakan oleh simpul jaringan untuk menghimpun dan mengelola data serta informasi kearsipan. SIKN ini terbatas digunakan oleh sejumlah pengguna tertentu.

“Berarti yang tidak bergabung menjadi simpul, tidak bisa menggunakan SIKN. Ini salah satu keamanan untuk menjaga arsip. Artinya, log-in private, benar-benar mereka yang terdaftar,” kata mawardi

Sementara JIKN merupakan mesin pencari arsip yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Dalam JIKN, masyarakat dapat mencari informasi kearsipan yang sebelumnya telah dihimpun dan dikelola oleh simpul jaringan dalam SIKN. Arsip yang dapat diakses oleh masyarakat di JIKN, adalah arisp-arsip yang sifatnya terbuka bagi publik.

“SIKN sebagai modul penghimpun datanya. JIKN ini untuk media pencariannya,” jelas Mawardi.

Mawardi berharap, ilmu yang didapat selama magang agar bermanfaat dan bisa di aplikasikan di Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan adanya aplikasi SIKN dan JIKN, arsip-arsip di Pemkab Pessel dapat lebih aman tersimpan.

Mawardi juga mengungkapkan, SIKN dan JIKN memiliki manfaat sebagai media pengelolaan arsip sesuai kaidah kearsipan, memudahkan akses pencarian arsip, juga sebagai sarana penyelamatan arsip. Mawardi mencontohkan, jika instansi mengalami bencana yang mengakibatkan musnahnya arsip (secara fisik), instansi tersebut masih memiliki file arsip di “cloud” ANRI. Sehingga jika ada bencana, kita memiliki cadangan arsip,” katanya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Follow Me : Facebook Youtube